Evaluasi Kinerja Konsultan terhadap Manajemen pada Pekerjaan Ruas Jalan Lambaro - Pidie

Penulis

  • Aldina Fatimah Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Teuku Habibie Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Kemala Hayati Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Zainuddin Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37598/tameh.v11i2.229

Kata Kunci:

Evaluasi, Kinerja, Konsultan, Jalan

Abstrak

Proyek pembangunan pada ruas jalan nasional Lambaroe-Pidie diharapkan dapat terlaksana sesuai dengan perencanan. Hal ini dapat terwujud dengan adanya peran  tim Konsultan Bantuan Teknik Manajemen Proyek (Project Management Consultant) di lingkungan Balai  Pelaksanaan Jalan Nasional Aceh yang melaksanakan manajemen konstruksi antara lain pelaksanaan dan pengendalian dalam penyusunan program, perencanaan teknis, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi, pengendalian mutu, pelayanan dan penyediaan bahan dan peralatan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi faktor yang menentukan kinerja efektif konsultan dan mengevaluasi indikator kinerja konsultan terhadap manajemen pada ruas jalan nasional Lambaroe-Pidie. Metode penelitian ini adalah mixed method, yaitu suatu metode yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan  adalah kuota, penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan  kuisioner pada owner, project officer, PT. Citra Diecona, Kontraktor dan Tim Bantuan Teknik (Bantek) dengan jumlah 13 Responden.Uji kuisioner meliputi uji validitas dan uji reliabilitas.. Berdasarkan hasil penelitian, pada uji validitas diperoleh nilai Rhitung > Rtabel dengan nilai sebesar 0,552, hal ini menyatakan bahwa item pertanyaan valid. Pada uji reliabilitas diperoleh nilai 0,694, hal ini menunjukkan bahwa jawaban responden reliabel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel inisiatif (X5) memiliki nilai tertinggi sebesar 4,692, hal ini menjelaskan bahwa responden sangat puas terhadap kinerja konsultan tehadap aspek inisiatif. Pada Kemampuan berkomunikasi (X2) memiliki nilai terendah dengan nilai mean 4,369. walaupun variabel ini memiliki mean terendah namun dari hasil penelitian menunjukan bahwa responden puas terhadap kinerja konsultan terhadap aspek komunikasi. Evaluasi kinerja konsultan terhadap manajemen pada pekerjaan ruas jalan Lambaro - Pidie sudah memenuhi indikator kinerja jalan sesuai dengan Peraturan Pekerjaan Umum 2017 tentang indikator kinerja jalan terhadap manajemen pada pekerjaan Ruas Jalan Nasional Lambaro – Pidie.

Referensi

Kristiano, R., Suryana., Supriatna, U., 2019. Perkembangan Sarana dan Prasarana Transportasi dalam Hubungannya Dengan Tingkat Perekonomian Masyarakat di Desa Kolang Kecamatan Kuwus Barat Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Geofrafi Gea,19 (2), pp. 131-139

Amir. 2021. Evaluasi Kinerja Konsultan Pengawas Pada Proyek Pembangunan Jalan Di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Kacapuri, 4(1), pp.1-9

Perpes No.16 2018. Tentang barang dan jasa kontruksi

Permen (2017) Tentang Jasa Konsultansi

Mudjanarko, 2020. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk Mengukur Kinerja Kontraktor Melalui Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Ervianto. W. I. 2009. Manajemen Proyek Konstruksi. Jakarta: Penerbit: Graha Ilmu.

Subiyanto.2020 Analisis Pengaruh Faktor Kinerja Konsultan Pengawas di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya. Masters thesis: Untag Surabaya.

Koriawan, N. 2011. Tesis: “Karakteristik dan Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi Kualifikasi Kecil di Kabupaten Jembrana tahun 2009”. Program Magister Teknik Sipil Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Articles