Pengaruh Proporsi Kendaraan Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Tgk. Chik Ditiro Depan Gedung Keuangan Banda Aceh)

Penulis

  • Rifki Hidayat universitas muhammadiyah aceh
  • Aulya Shafira Niskhi Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37598/tameh.v10i2.155

Kata Kunci:

Arus lalu lintas, Kecepatan, Kepadatan, Proporsi

Abstrak

Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Seiring dengan perkembangannya, jumlah kendaraan di Banda Aceh semakin meningkat. Pada jalan Tgk Chik Ditiro sering terjadi kemacetan, dikarenakan jalan tersebut terdapat sekolah, perkantoran, banyak pedagang yang berdagang di bahu jalan dan trotoar jalan, terdapat beberapa kendaraan berlawanan arus, dan kendaraan yang parkir sembarangan, adanya penundaan ataupun pergerakan arus lalu lintas terlebih pada jam sibuk. Berdasarkan pengamatan dilapangan arus lalu lintas pada waktu sibuk didominasi oleh roda dua dan roda empat, sehingga mempengaruhi kecepatan pada jalan Tgk Chik Ditiro Kota Banda Aceh.Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui berapa persen pengaruh proporsi kendaraan pada arus lalu lintas jalan dan mendapatkan nilai proporsi kendaraan pada jalan tersebut. Hasil yang diperoleh untuk volume lalu lintas tertinggi didapat pada hari Kamis tanggal 26 September 2019 jam 17.00-18.00 sebesar 6669,60 smp/jam, nilai kapasitas jalan 4938 smp/jam, sedangkan tingkat pelayanan jalan dengan derajat kejenuhan yang di dapat sebesar 1,35 berarti ruas Jalan Tgk. Chik Ditiro Kota Banda Aceh termasuk kategori F, dimana arus yang terhambat, kecepatan rendah, volume diatas kapasitas, dan terjadi penundaan. Hasil volume lalu lintas selama 3 (tiga) hari diperoleh proporsi maksimum kendaraan roda dua hari Kamis 26 September 2019 pada jam 08.00-09.00 WIB dengan nilai 48,43 %. Untuk Proporsi Maksimum kendaraan roda empat (LV) pada hari Kamis 26 September 2019 pada jam 17.00-18.00 WIB dengan nilai 74,77 %. Dalam penelitian terlihat bahwa pertumbuhan kendaraan ringan yang dominan mempengaruhi ruas jalan tersebut.

Referensi

Departemen Pekerjaan Umum., 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta.

Direktoral Jendral Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, Panduan Survey dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas No. 001/T/BNKT/1990.

Haqqi, R., Marpaung, H. S., & Sebayang, M., 2017, Analisis Waktu Tempuh Kendaraan Bermotor dengan Metode Estimasi Instantaneous Model (Studi Kasus: Jalan Pekanbaru-Bangkinang Km. 19 Sampai dengan Km. 25) (Doctoral dissertation, Riau University).

Hidajati, N. W., 2010, Pendekatan Volume Lalu-Lintas Pada Setiap Perempatan Dengan Metode Eselon Baris Tereduksi. Waktu: Jurnal Teknik UNIPA, 8(2), 68-73.

Julianto, E. N., 2010, Hubungan Antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 12(2).

Monoarfa, A. S. E., Jefferson, L., Timboeleng, J. A., & Manoppo, M. R., 2013, Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Persimpangan Bersignal Tiga Lengan Jalan Sam Ratulangi–jalan Babe Palar Manado. Jurnal Sipil Statik, 1(9).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 2006, PP No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan, Jakarta

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006 tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan

Siska, S., 2021, Pengaruh Putar Balik Arah (U-Turn) Terhadap Kinerja Jalan Brigjend H. Hasan Basri Kota Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Supriyadi, A., 2021, Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal Pada Jalan Raya S. Supriadi–Jalan Raya Janti Barat Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Tamam, M. F., 2016, Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Jalan Tegar Beriman–Jalan Raya Bogor). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Sipil, 1(1).

Tamin, O. Z.,1992, Hubungan Volume, Kecepatan, dan Kepadatan Lalulintas di Ruas Jalan HR Rasuna Said (Jakarta). Jurnal Teknik Sipil, Nomor, 5.

Tamin, Ofyar Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Wahab, W., Sentosa, L., & Sebayang, M., 2015, Analisis Pertumbuhan Lalu Lintas dan Perkiraan Volume Lalu Lintas Dimasa Mendatang Berdasarkan Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (Studi Kasus Ruas Jalan SP. Lago-Sorek/Jalan Lintas Timur (Doctoral dissertation, Riau University).

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles