Analisis Biaya Operasional Alat Berat pada Pekerjaan Timbunan

Penulis

  • Dian Febrianti Universitas Teuku Umar
  • Zakia Zakia Universitas Teuku Umar
  • Edi Mawardi Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.37598/tameh.v10i1.131

Kata Kunci:

Alat Berat, Analisis Biaya, Biaya Operasional

Abstrak

Alat berat sangat berperan penting pada pekerjaan kontruksi, terutama pekerjaan pembangunan jalan. Keuntungan menggunakan alat berat yaitu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Penggunaan alat berat yang tidak tepat akan menyebabkan kerugian, sehingga analisis biaya operasional sangat perlu dilakukan. Perhitungan biaya operasional alat berat yang tepat dan lengkap akan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan terutama dari segi finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis biaya operasional alat berat, serta mengetahui penanganan alat berat yang baik dan tepat. Analisis biaya pada alat berat, diharapkan memberikan manfaat untuk dapat merencanakan manajemen alat berat secara terkoordinasi, efektif dan berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan pada proyek Peningkatan Jalan Alun-Alun Suka Makmue-Jalan Lingkar Timur Ibu Kota Tahap II yang berlokasi di Kab. Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yakni penelitian yang berusaha menuturkan pemecahan masalah berdasarkan data-data yang akan diperoleh dilapangan. Penelitian ini dilakukan pada empat jenis alat berat yaitu excavator, motor grader, vibrator roller dan water tanker truck. Adapun hasil perhitungan analisis biaya operasional alat berat excavator Rp. 738.617 per-jam, motor grader Rp. 572.401 per-jam, vibrator roller Rp. 499.735 per-jam dan water tanker truck Rp. 348.859 per-jam. Dari hasil yang didapat menunjukkan pada alat berat excavator dan motor grader belum terjadi pengembalian modal, sedangkan untuk alat berat vibrator roller dan water tanker sudah terjadi pengembalian modal. Jadi untuk alat berat vibrator roller dan water tanker truck sudah layak untuk dilakukan pergantian dengan alat yang baru.

Referensi

Assauri, Sofyan, 2008, Manajemen Produksi dan Operasi, Penerbit UI, Jakarta

Dermawan, D. 2012, “Penentuan Waktu Peremajaan Alat Berat Pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional”. Jurnal Teknik Industri Universitas Muhammadiah Riau.

Dian Febrianti, Zulyaden Zulyaden, 2018, “Analisa Produktivitas Alat Berat Pada pekerjaan Timbunan” Jurnal Teknik Sipil dan Teknologi Kontruksi, Universitas Teuku Umar.

Giatman, M. 2006, “Ekonomi Teknik”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Grant, Eugene L, Ireson, W.Grant, Leavenworth, Richard S,. 1987, “Dasar–Dasar Ekonomi Teknik “. Jilid 2. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Mukomoko, J. A. 2007, “Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan”. Penerbit Gaya Media Pratama, Jakarta.

Nunally, S. W. 2000, “Managing Construction Equipment (Second.)”. Prentice Hall Inc. New Jersey.

Rochmanhadi, 1982, “Alat–Alat Berat dan Penggunaannya”. Departemen Pekerjaan Umum, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rochmanhadi, 1985, “Alat–Alat Berat dan Penggunaannya”. Departemen Pekerjaan Umum, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rostiyanti, Fatena Susy. 2008, “Alat Berat untuk Proyek Konstruksi ”. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Satrio Agung Wibowo, Harimurti, Achfas Zacoeb,2018, “Kajian Biaya Penggunaan Alat Berat Untuk Pekerjaan Pengangkutan DanPenimbunan Pada Proyek Perumahan Villa Bukit Tidar MalangDengan Program Linier Metode Simpleks”, Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya

Stefi Priescha Tauro,Jermias Tjakra, Grace Y. Malingkas, “ANALISIS BIAYA PENGGUNAAN ALAT BERAT PADAPEKERJAAN TANAH(Studi Kasus Perencanaan Bandar Udara Lokasi DesaPusungi Kec. Ampana Tete Kab. Tojo Una-una Sulawesi Tengah)Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.12, November 2013 (764-773) ISSN: 2337-6732

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles