Analisis Pemodelan Pemilihan Moda Transportasi Ke Kampus oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh

Penulis

  • Cut Nawalul Azka
  • Rifki Hidayat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Wahyu Ramadhana Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37598/tameh.v10i1.123

Kata Kunci:

Pemilihan Moda, kendaraan Pribadi, Kendaraan umum, Model Logit Binomial, SPSS V.24.0

Abstrak

Penggunaan kendaraan pribadi di Kota Banda Aceh mencapai angka yang cukup tinggi, hal ini terjadi pada kawasan kampus Universitas Muhammadiyah Aceh. Tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi tentunya akan berdampak pada kemacetan di suatu lokasi, oleh karena itu diperlukan suatu penelitian yang dapat menjelaskan factor yang berpengaruh terhadap pemilihan moda mahasiswa menuju kampus. Studi ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik terhadap pemilihan moda mahasiswa dengan memperoleh suatu permodelan yang dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan. Pengumpulan data yaitu pembagian kuesioner dengan metode random sampling sebanyak 104 responden dan Pemodelan tersebut dengan menggunakan Metode Logit Binomial. Berdasarkan faktor yang paling berpengaruh pada pemilihan moda ke kampus oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh adalah kepemilikan kendaraan pribadi, dimana masing-masing mahasiswa lebih memilih kendaraan pribadi (Sepeda Motor). Dengan menggunakan aplikasi SPSS statistic V.24.0 didapat persamaan Y = 0,311 + 0,239(X4) + 0,435(X8). Persamaan ini memiliki korelasi kuat dengan R yaitu 0,630 dan Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,397. Model ini dapat diartikan bahwa setiap penambahan jumlah pemilik kendaraan, maka akan meningkat pengguna moda angkutan pribadi sebesar 0,239 dan setiap meningkatnya kepemilikan kendaraan pribadi maka akan meningkat pengguna moda angkutan pribadi sebesar 0,435. Dari hasil persamaan permodelan didapatkan probabilitas mahasiswa memilih moda angkutan pribadi mencapai 72,8% Kendaraan pribadi. Sedangkan probabilitas mahasiswa memilih moda angkutan umum mencapai 42,3% terjadi ketika mahasiswa tidak memiliki SIM dan kendaraan pribadi.

 

Referensi

Abbas, Salim. 2000. Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. . Jakarta : Ghalia Indonesia

Adiputra, R. (2012). Kajian Pemilihan Moda Antara Moda Eksisting dengan Monorel Koridor Barat-Timur di Surabaya Barat (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Djakfar, L., Indriastuti, A. K., & Nasution, A. S. B. (2010). Studi karakteristik dan model pemilihan moda angkutan mahasiswa menuju kampus (sepeda motor atau angkutan umum) di Kota Malang. Rekayasa Sipil, 4(1), 37-51

Gujarati, Damodar, 2003. Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta.

Kawengian, E., Jansen, F., & Rompis, S. Y. (2017). Model Pemilihan Moda Transportasi Angkutan Dalam Provinsi. Jurnal Sipil Statik, 5(3).

Miro, F. 2005. Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Erlangga. Jakarta.

Sihite, S., & Surbakti, M. S. (2015, August). Kajian Pemilihan Moda Transportasi Antara Angkutan Kota Dengan Monorel Menggunakan Metode Stated Preference (Studi Kasus: Rencana Pembangunan Monorel Kota Medan). In Proceedings of The 18th FSTPT International Symposium (pp. 345-354).

Tamin, 2000, Perencanaan dan permodelan Transportasi, Edisi Kedua, Penerbit ITB, Bandung.

Tamin, 1997, Perencanaan dan permodelan Transportasi, Edisi Pertama, Penerbit ITB, Bandung.

Wulansari, D. N. (2016). Kompetisi Pemilihan Moda Angkutan Penumpang Berdasarkan Model Logit-binomial-selisih Dan Logit-binomial-nisbah. In FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil) (Vol. 4, No. 1, pp. 15-26).

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles