MUSEUM DIRGANTARA ACEH

Arsitektur High Tech

Penulis

  • Mujibul Imam Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Fatimah Azzahra Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37598/rumoh.v8i15.41

Kata Kunci:

Aceh Besar, Arsitektur High Tech, Museum Dirgantara Aceh.

Abstrak

Aceh termasuk salah satu daerah yang ikut terlibat dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai salah satu bukti yang paling terkenal adalah pesawat Seulawah RI 001, yaitu sebagai transportasi dalam membantu proses kemerdekaan. Selain itu Indonesia hanya memiliki satu Museum Dirgantara yang terletak dikomplek TNI AU Yogyakarta pada museum tersebut hanya memamerkan pesawat-pesawat lama kemudian jumlah koleksi dan fasilitas juga terbatas. Maka diperlukan museum sebagai pelestarian nilai-nilai sejarah perkembangan teknologi penerbangan. Museum Dirgantara Aceh bertujuan menjadikan Aceh sebagai salah satu kota Dirgantara Indonesia. Lokasi rancangan berada di Jln. Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar. Museum Dirgantara Aceh direncanakan dengan kategori Science and Technology Museum (Museum IPTEK). Penerapan tema Arsitektur High Tech bertujuan agar karakter Museum Dirgantara yang memiliki ruang bebas kolom sesuai dengan kebutuhan yaitu untuk menyimpan dan mengabadikan koleksi pesawat serta desain yang dihasilkan tetap aman dan nyaman melalui penerapan sistem teknologi tinggi. Ada Empat unsur Arsitektur High Tech yang diterapkan diantaranya menampilkan kekuatan konstruksi rangka bangunan dan material baja (Celebration of Process). Analisis yang digunakan adalah analisis fungsional, analisis lingkungan dan analisis bangunan, sehingga dapat menghasilkan konsep desain yang seimbang antara standarisasi dan tema yang digunakan. Penerapan konsep bentuk diangkat dari sebuah bentuk tenda pramuka, Bentuk tersebut memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi terhadap penggunaan ruang bebas kolom. Museum Dirgantara Aceh ini mampu menampung jumlah pengunjung sebesar 536 orang/hari dan jumlah pengelola 45 orang. Luas lahan adalah 100.302 m2. Luas lantai dasar adalah 15.263.15 m2 dan luas lantai keseluruhan adalah 27.693.32 m2. Jenis bangunan bermassa tunggal dilengkapi dengan fasilitas utama yaitu ruang pameran pesawat indoor dan outdoor, simulasi kokpit pesawat, lapangan demo aeromodelling dan servis.

Biografi Penulis

Mujibul Imam, Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh

Mahasiswa Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh

Fatimah Azzahra , Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh

Dosen Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2011. Banda Aceh Dalam Angka. Banda Aceh

Badan Pusat Statistik. 2013. Banda Aceh Dalam Angka. Banda Aceh

Badan Pusat Statistik. 2014. Banda Aceh Dalam Angka. Banda Aceh

C.Antoniades, Anthony. 1992. Poetic fo Architecture: Theory of Design.

C.Snyder, James. 1979. Introduction to Arcitrcture. University of Michigan.

Direktorat Museum. 2006. Pedoman Museum Situs Cagar Budaya. Jakarta

Rizki, Rahmat. 2015. Museum Bahari Aceh di Banda Aceh. Laporan Tugas Akhir S1 Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Muhammadiyah Aceh.

Peraturan pemerintah Qanun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Aceh Besar, 2012-2032.

Wahyunarso, Farianto, Anton. 1995. Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Di Yogyakarta. Laporan Perancangan Proyek Akhir Merancang. Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra Surabaya.

Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudirman. 2009. Banda Aceh Dalam Siklus Perdagangan Internasional (1500-1873). Banda Aceh : Badan Pemberdayaan Sejarah dan Nilai Tradisional

Neufert Ernst, Data Arsitek jilid I Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta, 1992.

Neufert Ernst, Data Arsitek jilid II Edisi 33, Erlangga, Jakarta, 2002.

Jurnal Reka Karsa, Aplikasi Material pada Bangunan Modern Ditinjau dari Estetika Fasade. 2015, Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

23-03-2021

Terbitan

Bagian

Articles