IDENTIFIKASI PENERAPAN KONSEP NEW NORMAL PADA KAFE DI ACEH
Identification of Application of the New Normal Concept at Cafes in Aceh
DOI:
https://doi.org/10.37598/rumoh.v12i1.193Kata Kunci:
Kafe, Konsep New Normal, Pandemi Covid-19Abstrak
Jumlah kafe di Aceh semakin hari semakin bertambah, sehingga menambah wadah berkumpul bagi masyarakat dalam bersosialisasi secara langsung. Saat kondisi pandemic Covid-19, kafe menjadi salah satu area publik yang dihimbau untuk mengatur pembatasan sosial. Berbagai kebijakan untuk menekan penularan virus dilakukan, yaitu; pembatasan waktu, pembatasan jarak dan pembatasan kuantitas pengunjung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan konsep new normal pada beberapa kafe di Aceh. Jumlah sampel adalah 21 kafe, yang berada di beberapa wilayah Aceh. Hasil yang diperoleh bahwa sebagian besar kafe yang berada di Aceh belum menerapkan konsep new normal secara signifikan, di mana 43% dari 21 kafe belum menerapkan konsep new normal. Penerapan konsep new normal yang paling banyak diterapkan adalah dengan memberi jarak lebih jauh antar set furniture yaitu mencapai 57%. Konsep lain yang juga diterapkan adalah mewajibkan memakai masker, sistem layanan take away dan mempertimbangkan penghawaan dan pencahayaan yang baik.
Referensi
Sarihati, Lazaref (2021). Kajian Tata Letak Interior Kafe di Jalan Braga Sebelum dan Sesudah Kebiasaan Baru. Jurna Arsoitektur Zonasi. Vol. 4, No. 1, 34-45, doi.org/10.17509/jaz.v4i1. 27412.
Sabila, Wisnu (2021). Evaluasi Konsep Arsitektur Tropis dan New Normal pada Desain Kafe di Sekitas Universitas Muhammadiyah Surakarta. Simposium Nasional RAPI XX FT-UMS. 40-49.
Aminah, Muliawati (2021). Analisis Kebijakan Pemberlakuan Jam Malam dalam Penanganan Covid-19 di Kota Banda Aceh. Journal of Governance and Social Policy, Volume 1. Issue 2. 86-950. doi: 10.24815/gaspol.v2i1.21194
Pijianto, Vallery, Soetanto (2021). Pereancangan Kafe di Era New Normal. Buku Abstrak Seminar
Nasional Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. 251-262.
Kuncoro, dkk (2021). Perubahan Perilaku Pengunjung Pasca Covid 19 Terhadap Desain Interior Café. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial 2021.22-28
Dharmawan, Rachmaniyah (2020). Kajian Perilaku Sehat Pelanggan Restoran di Saat Pandemi (Studi kasus: Restoran Cepat Saji di Surabaya). Jurnal Desain Interior. Vol 5 No. 2. 53-62

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Qurratul Aini, Henny Marlina, Febria Ningsih, Irval Huzairi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.